Wednesday, July 18, 2012

Bagaimana Cara Mengunci Exposure Dengan Auto Exposure Lock

Masing-masing kamera DSLR memiliki mekanisme sendiri dalam hal metering exposure dan cara menguncinya. Sebagai contoh, di kamera DSLR Nikon: saat kita memencet separuh tombol shutter dan menahannya disana lalu kita melakukan reframe (menggeser arah kamera atau memindah sudut pemotretaan), maka kamera akan secara otomatis melakukan metering ulang sehingga menghasilkan nilai exposure yang berbeda. Dengan kata lain kamera DSLR Nikon tidak mengunci nilai exposure secara otomatis.
Kamera DSLR Canon juga bekerja dengan cara yang sama seperti diatas saat kita menggunakan Metering Partial, Center-weight atau Spot. Jadi kamera DSLR Canon juga tidak secara otomatis mengunci nilai exposure. Kecuali saat menggunakan Evaluative Metering dimana kamera DSLR Canon akan mengunci exposure saat kita memencet separuh tombol shutter dan tidak akan berubah saat kita melakukan reframing.
Nah artikel ini akan menjelaskan cara mengunci nilai exposure anda dengan menggunakan tombol AE-Lock yang ada dikamera, silahkan:
Ae lock

Kamera DSLR merk lain bekerja dengan cara lain lagi, namun cukup gampang bagi kita untuk mengenali cara kerja kamera dalam melakukan metering dengan tes berikut ini:
  1. Arahkan kamera ke obyek foto yang terang
  2. Lalu pencet separuh tombol shutter agar kamera melakukan metering, catat nilai F (aperture) dan S (shutter speed) yang muncul di viewfinder atau LCD screen.
  3. Tanpa melepas pencetan di tombol shutter, arahkan kamera ke obyek lain yang cukup gelap (reframing)
Jika nilai F dan S tidak berubah saat anda melakukan reframing maka sekarang anda tahu bahwa kamera anda kamera bisa mengunci nilai exposure saat anda reframing.
Hampir semua kamera DSLR memiliki tombol khusus (biasanya dikasih label AE Lock) untuk membantu kita mengunci exposure, sehingga nilai exposure tidak akan berubah-ubah saat kita memindah frame.
Bagaimana cara menggunakan tombol AEL-Lock untuk mengunci exposure? berikut caranya:
  1. Ketahui posisi tombol AE-Lock, biasanya ada dibagian belakang kamera anda, lalu letakkan jempol anda disana, tapi jangan ditekan dulu.
  2. Sembari mengintip viewfinder, letakkan titik fokus di pada obyek yang ingin difoto, misalnya muka teman anda, lalu pencet separuh tombol shutter.
  3. Sekarang dengan jempol anda, pencet tombol AE-L untuk mengunci hasil pengukuran exposure. Akan ada indikator AEL muncul di viewfinder.
  4. Tanpa melepas tekanan jempol di tombol AEL, komposisi ulang pemotretan, lalu jepret tombol shutter.
Tombol AE-Lock berguna saat kita memotret obyek foto yang letaknya tidak ditengah frame, atau saat kita memotret panorama sehingga nilai exposure konsisten dari satu foto ke foto lain sehingga akan bagus saat dijahit menjadi panorama. Nah selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

bag ref

BAGUS.CO