Wednesday, July 25, 2012

Tips Memilih Pengaturan ISO yang Tepat pada Kamera Digital

ISO kamera digital 150x150 Tips Memilih Pengaturan ISO yang Tepat pada Kamera Digital
Sebelum kamera digital populer seperti sekarang, Anda harus mengganti seluruh film untuk mendapatkan ISO yang lebih tinggi atau lebih rendah.
Dengan kamera digital, saat ingin mengubah ISO, Anda hanya perlu memencet tombol.
Angka ISO pada kamera digital menunjukkan tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya.
Semakin tinggi angka ISO, semakin sedikit cahaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar yang jelas.
Dengan kata lain, semakin tinggi ISO semakin sensitif sensor pada kamera digital dalam menerima cahaya.
Berikut adalah cara menggunakan fitur ISO pada kamera digital.
1. Hampir semua kamera digital memiliki mode otomatis yang akan mengatur dengan sendirinya berapa ISO yang sesuai untuk sebuah kondisi pemotretan.
2. Fitur ISO otomatis paling sesuai digunakan untuk pemotretan pada situasi dengan pencahayaan cukup semisal mengambil foto di luar ruangan pada hari yang cerah.
3. Saat tidak menggunakan mode otomatis, sebelum memilih ISO, Anda perlu mengevaluasi obyek fotografi.
Bagaimana pencahayaan? Apakah obyek bergerak? Apakah Anda menggunakan tripod? Mengubah pengaturan ISO biasanya juga perlu diiringi dengan mengubah kecepatan rana (shutter speed) dan bukaan (aperture).
4. ISO 50 sampai 80 cocok digunakan untuk pencahayaan yang terang. Anda juga dapat menggunakan rentang ISO ini untuk memotret lanskap. Pilihan ISO 50-80 akan memberikan detail dan kualitas gambar yang baik.
5. ISO 100 adalah setting untuk sedikit meningkatkan sensitivitas cahaya tanpa mengurangi kualitas gambar. Ini adalah pengaturan standar untuk sebagian besar kamera.
6. ISO 200 baik digunakan untuk hari berawan atau kondisi mendung.
Pengaturan ini akan membuat Anda mampu mengambil gambar dalam cahaya rendah tetapi dengan diiringi sedikit pengurangan kualitas foto akibat noise (seperti butiran) pada foto.
7. ISO 400 lazim digunakan untuk fotografi indoor dan untuk fotografi aksi seperti merekam momen dalam olahraga. Kamera saku umumnya menghasilkan noise yang signifikan pada tingkat ISO ini.
8. Ketahui perbedaan kemampuan kamera SLR dengan kamera saku.
Kamera digital SLR memiliki sensor ISO yang lebih baik sehingga mampu mengambil gambar lebih jelas dengan noise lebih sedikit dibanding kamera saku.
Akhirnya, Anda perlu bereksperimen untuk menentukan jenis pengaturan ISO yang paling sesuai.

No comments:

Post a Comment

bag ref

BAGUS.CO